Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Tabung Gas Yang Baik dan Benar

Cara Memasang Tabung Gas yang Baik dan Benar

TERKUAK.com - Memasang tabung gas mungkin hal sepele yang semua orang bisa melakukannya. Namun perlu Anda ketahui, sebagian besar kecelakan dari tabung gas sampai bisa terjadi kebakaran di sebabkan karena, pemasangan gas yang tidak benar dan asal-asalan.

Pemakaian perlengkapan kompor gas seperti regulator gas dan selang regulator yang tidak sesuai standar SNI pun, turut ikut menjadi penyebabnya kecelakan yang sangat berbahaya tersebut.

Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui cara memasang tabung gas yang baik dan benar. Sehingga dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tak di inginkan seperti yang kami sebutkan diatas.

Persiapan Sebelum Memasang Tabung Gas

Fakta tentang cara memasangan tabung gas yang salah sebagai penyebab kecelakan memang benar. Namun, ada beberapa faktor teknis yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda memasang tabung gas, yaitu:

  • Beli tabung gas hanya di toko resmi.
  • Cek terlebih dahulu kondisi segel plastik di tabung gas sebelum membelinya.
  • Pastikan rubber seal atau karet pelindung terpasang serta dalam kondisi baik.
  • Anda wajib mengunakan regulator gas ber-standar SNI.
  • Jangan posisikan selang dekat dengan api.
  • Simpanlah tabung gas di tempat yang aman dan jauh dari api.

Cara Memasang Regulator Gas

Cara Memasang Regulator Gas

Sebelum anda menghubungkan tabung gas ke kompor, pemasangan regulator gas juga perlu Anda perhatikan sebelumnya. Meski mudah, hal ini juga tidak kalah penting untuk Anda pahami, sebelum ke proses pemasangan tabung gas ke kompor.

Cara memasang regulator gas yang benar membutuhkan selang khusus untuk tabung gas LPG dan menggunakan material yang telah memenuhi standar SNI. Selang ini memiliki fungsi untuk mengalirkan gas dari tabung ke dalam kompor Anda.

Nah, berikut ini kami berikan cara pemasangan regulator gas serta selangnya yang baik dan benar.

1. Sambung Ujung Selang ke Pipa Gas

Pertama Anda hanya perlu memasukkan salah satu ujung selang ke dalam pipa kompor gas yang terdapat dibagian belakang kompor.

2. Pasang Cincin Penjepit Gas

Pasangkan cincin penjepit gas ke ujung pipa gas yang sebelumnya telah Anda sambungkan dengan selang, lalu kencangkan menggunakan obeng. Cincin penjepit ini berfungsi sebagai alat pengamanan selang yang wajib Anda pasangkan, agar tidak terjadi kebocoran.

3. Pastikan Selang Gas Sudah Dipasang Dengan Benar

Pastikan ujung selang telah Anda sambungkan dengan kuat pada pipa gas di belakang kompor dan pastikan juga sudah dikencangkan oleh cincin penjepit dengan sangat kuat.

4. Pasang Ujung Selang Lainnya ke Regulator

Selanjutnya Anda pasang ujung selang satunya ke pipa regulator gas. Jangan lupa pula mengencangkan cincin penjepit dengan kuat, seperti langkah sebelumnya.

5. Periksa Lagi Semuanya Agar Tidak Ada Kesalahan

Hal terakhir cara memasang regulator gas yang benar adalah Anda harus periksa ulang langkah yang sudah di lakukan dari awal sudah benar. Pastikan juga sambungan selang pada regulator sudah terpasang dengan baik serta sudah di lindungi oleh cincin penjepitnya dengan kuat.

Cara Memasang Tabung Gas ke Kompor

Memasang Tabung Gas

Jika Anda sudah memastikan regulator sudah terpasang dengan baik, saatnya Anda menghubungkan aliran gas dari tabung elpiji ke kompor gas. Dan tentu saja Anda tidak bisa melakukannya secara sembarangan menghubungkannya, karena Anda harus menghubungkan aliran gas dengan benar.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk cara memasang tabung gas pada kompor yang baik dan benar.

1. Buka Segel Plastik

Pertama, buka segel plastik yang menutupi tabung gas. Anda juga perlu memastikan segel plastik dari tabung gas yang Anda beli dalam keadaan baik.

2. Pasang Rubber Seal

Pasang rubber seal atau pelindung karet ke dalam tabung gas. Pelindung karet ini bentuknya seperti cincin dan berwarna merah ataupun putih dengan ukuran yang kecil dan presisi saat dimasukan.

3. Posisikan Regulator dengan Benar

Selanjutnya Anda perlu sesuaikan posisi regulator tepat di atas lubang gas, pastikan juga posisinya tegak lurus, untuk mencegah terjadinya kebocoran gas. Serta pastikan regulatornya sudah terpasang dengan baik.

4. Kunci Regulator

Jika sambungan sudah Anda pasangkan dengan baik dan sudah dipastikan tidak ada kebocoran. Kunci regulator menggunakan tuas kuncinya yang biasanya berwarna hitam dengan cara memutarnya ke arah kanan samapai 180 derajat.

5. Pastikan Semua Cara Memasang Gas Sudah Benar

Setelah tabung gas sudah terhubung dengan baik pada regulator gas, pastikan tidak ada kebocoran gas dengan cara mengecek suara mendesis pada bagian regulator.

6. Pastikan Lagi Tidak Ada Bunyi Mendesis dan Bau Gas

Anda harus pastikan kembali tabung gas sudah terpasang dengan baik pada regulator, serta tidak ada suara kebocoran seperti bunyi desis dan ada bau gas. Jika Anda sudah yakin, coba nyalakan pemantik api di kompor untuk mengecek apakah aliran gasnya lancar.

Penutup

Meskipun saat ini penggunaa tabung gas telah digunakan sebagian besar masyarakat Indonesia, namun masih ada saja orang yang belum paham cara pemasangan tabung gas yang benar. Dengan dibuatnya artikel ini semoga memberi manfaat untuk mencegah kesalan dalam memasang tabung gas, yang dapat menyebabkan kecelakan yang tidak di inginkan.

Post a Comment for "Cara Memasang Tabung Gas Yang Baik dan Benar"