Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Jenis Pulpen yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membelinya

4 Jenis Pulpen yang Perlu Anda Ketahui

TERKUAK.com - Walaupun saat ini bisa melakukan penulisan langsung dari komputer atau laptop, pulpen masih sangat penting untuk menemani Anda menyelesaikan pekerjaan. Karena memang ada beberapa pekerjaan yang harus memakai kertas dan pulpen, seperti tanda tangan.

Saat ini ada begitu banyak jenis pulpen seperti ballpoint, rollerball, pulpen gel, dan pena. Meskipun berbeda jenis, semuanya memiliki fungsi yang sama yaitu menulis. Namun jika Anda ingin membeli pulpen ada baiknya juga mengetahui jenis perbedaan pulpen tersebut.

Jenis-jenis Pulpen

Jika Anda mencari pulpen baru yang tentunya harus sesuai dengan gaya serta kebutuhan menulis Anda. Dibawah ini kami berikan beberapa jenis pulpen yang perlu anda ketahui.

1. Ballpoint

Ballpoint atau biasa disebut bolpoin adalah jenis pulpen paling umum dan banyak digunakan. Tinta yang digunakan dalam pulpen ini mengunakan bahan dasar dari minyak yang akan lebih cepat kering dibandingkan jenis tinta lainnya. Selain itu, ballpoint menggunakan lebih sedikit tinta saat Anda menulis, menjadikannya lebih awet dibandingkan jenis pulpen lainnya.

Namun ada hal lain yang perlu dipertimbangkan yaitu tintanya akan lebih mudah menggumpal, jadi Anda harus memberi tekanan lebih pada saat menulis. Artinya, jenis pulpen ini bukan pilihan terbaik untuk menulis panjang. Namun, jika Anda hanya mencari pulpen sederhana untuk penggunaan sehari-hari, pulpen adalah pilihan yang bisa di andalkan.

2. Rollerball

Jenis pulpen rollerball menggunakan desain yang sama dengan ballpoint tetapi menggunakan tinta yang berbeda yaitu tinta berbahan dasar air. Karena dari air pada saat digunakan tintanya akan mengalir lebih cepat dan meresap ke dalam kertas, sehingga tintanya akan cepat habis. Lebih mudahanya tinta mengalir akan membuat Anda nyaman menulis karena tidak perlu memberikan tekanan saat memakainya.

Karena tinta mengalir dengan lancar, jenis pulpen rollerball sangat ideal untuk menulis teks dengan garis-garis gelap dan halus. Selain itu jenis ini juga tersedia dalam pilihan warna yang lebih beragam, karena menggunakan pewarna yang larut dalam air. Jadi, jika Anda perlu pulpen untuk menulis dalam jangka waktu lama, gunakan jenis rollerball, namun pastikan untuk sering mengisi ulang tinta karena penggunaan tintanya lebih banyak.

3. Pulpen Gel

Pulpen gel adalah gabungan karakteristik dari jenis pulpen dan ballpoint dan rollerball. Jenis ini menggunakan tinta gel berbahan dasar air yang memiliki konsistensi antara kedua jenis tinta tersebut. Ini tentunya akan membuat tinta lebih kecil kemungkinannya untuk luntur, tetapi masih dapat mengalir bebas untuk penulisan yang lebih lancar.

Singkatnya, pulpen gel menawarkan Anda kenyamanan menulis dari jenis rollerball, serta dengan performa layaknya ballpoint. Dan karena ia menggunakan pigmen dan bukan pewarna biasa, pulpen gel juga tersedia dalam bentuk pulpen warna-warni untuk menjadikan tulisan anda lebih menarik.

4. Pena

Pena mempunyai tempat penyimpanan tinta yang terdapat di dalamnya, hal ini membuat Anda dengan mudah mengisi ulang tintanya hanya dengan bantuan pipet. Anda juga bisa mengganti serta menyesuaikan ujung pulpennya dengan ukuran yang dibutuhkan.

Pulpen jenis ini biasanya digunakan pada untuk keperluan penting saja, contohnya seperti penandatanganan kontrak, pertemuan resmi, dan lain sebagainya. Sehingga menjadikan pena memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis pulpen yang lainnya.

Penutup

Nah, dari jenis-jenis pulpen diatas tentu mempunyai kelebihan dan kegunaannya masing-masing, jadi sangat penting untuk menyesuaikan kebutuhan Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Post a Comment for "4 Jenis Pulpen yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membelinya"