Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Jitu Mengatasi iPad yang Lemot

 

Tips Jitu Mengatasi iPad yang Lemot

TERKUAK.com - Apakah iPad Anda lemot, atau terasa macet setelah penggunaan beberapa jam? Meskipun penurunan kinerja lebih mungkin terjadi pada model iPad lama, bahkan iPad terbaru pun dapat mengalami lemot. Berikut adalah penyebab iPad yang lemot dan tips untuk mengatasinya.

Apa Penyebab Kinerja iPad Lemot?

Ada banyak alasan mengapa iPad berjalan lambat. Aplikasi yang diinstal pada perangkat mungkin mengalami masalah. Koneksi internet Anda mungkin lambat. IPad mungkin menjalankan sistem operasi yang lebih lama atau mengaktifkan fitur Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. Ruang penyimpanan perangkat Anda mungkin penuh.

Jika Anda melihat kinerja yang lemot hanya saat Anda menggunakan iPad untuk menjelajahi web, Safari untuk iPad mungkin kesulitan menangani iklan. Berita baiknya adalah sebagian besar masalah ini mudah diperbaiki.

Cara Mengatasi iPad yang Lemot

Berikut ini hal yang dapat membantu iPad Anda keluar dari masalah lelet:

Mulai Ulang iPad

Setiap kali Anda mengalami masalah dengan perangkat, langkah pertama yang sangat baik adalah memulai ulang perangkat itu, dan iPad tidak terkecuali. Memulai ulang iPad akan menghapus semuanya dari memori sementara dan memberi sistem operasi awal yang bersih.

Keluar Dari Aplikasi iPad Saat Ini

Salah satu alasan iPad dapat melambat adalah masalah dengan aplikasi, bukan iPad. Berhenti, lalu membuka kembali aplikasi dapat memperbaiki masalah.

Hapus Semua Aplikasi dari Pengalih Aplikasi

iPad Anda menambahkan setiap aplikasi yang Anda buka ke Pengalih Aplikasi, pengelola tugas iPad, sehingga Anda dapat beralih antar aplikasi dengan cepat saat melakukan banyak tugas. Setelah beberapa saat, jumlah aplikasi di Pengalih Aplikasi dapat bertambah. Banyak dari aplikasi ini berada dalam mode ditangguhkan atau berjalan di latar belakang. Menghapus aplikasi dari Pengalih Aplikasi akan membebaskan memori dan dapat meningkatkan kinerja.

Keluar dari Aplikasi yang Berjalan Di Latar Belakang

Beberapa aplikasi terus berjalan di latar belakang, bahkan setelah Anda keluar dari aplikasi. Ini biasanya app yang mengalirkan musik (seperti app Musik bawaan, Pandora, dan Spotify) dan app streaming video (seperti app Apple TV atau app dari penyedia kabel dan satelit).

Periksa Koneksi Wi-Fi Anda

Jika memulai ulang iPad tidak meningkatkan kinerjanya, mungkin bukan iPad yang berjalan lambat. Ini mungkin jaringan nirkabel Anda . Jika jaringan nirkabel memeriksa,  jalankan tes kecepatan internet . Jika kecepatan meningkat saat Anda bergerak lebih dekat ke router, pertimbangkan untuk meningkatkan jangkauan Wi-Fi Anda .

Pasang Pemblokir Iklan

Jika iPad Anda terutama melambat saat menjelajah web, tetapi kecepatan internet Anda bagus, mungkin itu adalah halaman yang Anda kunjungi. Semakin banyak iklan yang dimiliki halaman web, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman. Pemblokir iklan mencegah iklan dimuat di halaman web, membuat halaman web dimuat di Safari lebih cepat.

Matikan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang

Penyegaran Aplikasi Latar Belakang memungkinkan aplikasi menyegarkan kontennya bahkan saat Anda tidak menggunakannya. Misalnya, Facebook dapat mengambil kiriman untuk umpan berita Anda, atau  aplikasi berita  dapat mengambil artikel terbaru sehingga siap untuk Anda. Akibatnya, fitur ini menghabiskan waktu pemrosesan dan bandwidth internet , yang dapat menyebabkan iPad berjalan sedikit lebih lambat.

Hapus Aplikasi Yang Tidak di Gunakan

Jika iPad kekurangan ruang penyimpanan, membuat ruang di perangkat terkadang dapat meningkatkan kinerja. Untuk melihat app mana yang menggunakan paling banyak ruang di iPad Anda, pilih Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPad . Di sini, Anda dapat melihat semua aplikasi yang terinstal di iPad, kapan terakhir kali Anda menggunakannya, dan berapa banyak ruang yang digunakan masing-masing aplikasi. Hapus aplikasi yang tidak Anda gunakan dengan mengetuk aplikasi, lalu pilih Hapus Aplikasi.

Perbarui iPadOS

Sangat penting untuk menjaga sistem operasi tetap up to date. Melakukannya memastikan bahwa Anda memiliki pembaruan kinerja terbaru serta perbaikan keamanan terbaru.

Selain cara diatas, Anda juga dapat mengatur iPadOS untuk menghapus aplikasi yang jarang digunakan secara otomatis untuk mengosongkan ruang (sambil mempertahankan file dan data Anda untuk aplikasi tersebut). Untuk melakukannya, pilih Settings > General > iPad Storage, lalu pilih Enable di sebelah Offload Unused Apps.

Nah, sekian posting kali ini tentang Tips Jitu Mengatasi iPad yang Lemot. Semoga bermanfaat...

Post a Comment for "Tips Jitu Mengatasi iPad yang Lemot"