Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail

TERKUAK.com
- Saat ini Google memiliki fitur Undo Send untuk membatalkan atau menarik kembali (undo) email yang sudah terkirim di layanan Gmail. Jadi, setelah Anda mengirim email dan terkirim, pesan tersebut masih bisa dibatalkan.

Hal ini tentu bermanfaat jika ada kesalahan dalam menulis pesan, seperti salah alamat penerima, kurangnya file yang harus terlampir ataupun jika Anda tak sengaja menekan tombol kirim di Gmail.

Dengan adanya fitur Undo Send di Gmail, Anda bisa mengembalikan email dan membuatnya gagal terkirim. Sehingga, pesan email tersebut tidak muncul di kotak masuk (inbox) penerima dan akan kembali menjadi draft di email Anda.

Anda juga bisa mengatur seberapa lama jeda waktu yang diberikan Gmail agar email tersebut bisa dibatalkan jika sudah terkirim. Jeda waktu yang diberikan bervariasi Google adalah antara 5 sampai 30 detik. 

Berikut cara membatalkan pesan gmail dengan mudah:

1. Jika email suadah terkirim atau setelah memencet tombol Send, klik menu "Undo" yang terletak pada pojok kiri bawah layar.

2. Kemudian email tersebut akan dipindahkan ke bagian "draft"

3. Pada bagian "draft", silahkan periksa kembali kesalahan atau kekurangan yang terdapat pada email Anda.

4. Jika sudah di perbaiki yang salah, Anda bisa mengirim kembali email tersebut.

Cara Membatalkan email terkirim dengan fitur Gmail Undo Send

Adanya fitur Undo Send ini akan membuat pengguna dengan mudah membatalkan atau mengembalikan email yang tak sengaja di kirim untuk kembali ke draft. Berikut cara membatalkan email terkirim dengan fitur Undo Send.

1. Pertama login ke akun G-mail, lalu arahkan kursor ke Setting atau ikon berbentuk roda gigi, yang berada di bawah foto akun profil Gmail Anda.

2. Kemudian pilih "setting", lalu "general"

3. Cari dan beri tanda centang pada opsi "enable undo send"

Cara mengatur jeda waktu penarikan email kembali ke draf:

1. Klik Setting

2. Pada bagian "General" cari opsi "Undo Send"

3. Di sana terdapat pilihan durasi jeda waktu mulai dari 5, 10, 20, hingga 30 detik. Silahkan atur sesuai keinginan Anda.

4. Jika sudah, klik "Save Changes"

5. Setelah itu simpan perubahan yang telah dilakukan pada pengaturan e-mail tadi dengan klik tombol "save changes" yang berada pada bagian paling bawah layar.

Setelah Anda membuat pengaturan ini, pembatalan atau penarikan kembali email yang sudah terkirim, dapat dilakukan sesuai dengan jeda waktu yang dipilih.tadi.

Nah, sekian postingan kali ini tentang cara membatalkan email yang sudah terkirim. Semoga bermanfaat, See you...


1 comment for "Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail"

  1. Ooh ternyata begitu cara mengatasinya, terimakasih yh kak,,, di coba dlu.

    ReplyDelete