Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Peran Pengguna di WordPress yang Perlu Anda Ketahui

5 Peran Pengguna di WordPress

TERKUAK.COM - Pada situs WordPress ada beberapa tingkatan peran (role) pengguna yang tentunya memiliki perbedaan masing-masing. Peran tersebut terdiri dari Administrator, Editor, Author, Contributor dan Subscriber. Dari beberapa peran pengguna tersebut memiliki hak akses berbeda.

Jika anda baru membuat situs WordPress, penting bagi anda untuk mengetahui perbedaan peran pengguna di WordPress. Apalagi jika ingin menambahkan teman atau siapapun menjadi penulis, tentunya akan kesulitan menetapkan perannya tersebut.

Peran Pengguna di WordPress

Dibawah ini ada 5 jenis peran pengguna yang perlu anda ketahui sebelum menambah seseorang untuk berkontribusi di situs anda.

Administrator

Administrator adalah user dengan tingkat tertinggi di WordPress dan akan dibuat satu secara default saat anda pertama kali menginstall WordPress. Administrator memiliki akses ke semua fitur yang ada di situs WordPress tersebut, mulai dari administrasi CMS, manajemen user, pengaturan tema dan plugin, manajemen file dan media yang diupload, modifikasi kode sederhana, moderasi komentar, pembuatan post dan halaman.

Editor

Editor (Penyunting) adalah user di bawah administrator yang dapat melakukan editing kualitas dari setiap posting atau konten yang dibuat user di bawahnya. Sehingga ia bisa membuat dan mengedit setiap aspeknya. Ini termasuk berupa file, gambar dan media yang diupload. Editor juga bisa melakukan moderasi komentar yang ada di posting.

Author

Author (Penulis) adalah Tingkatan user yang hanya memiliki akses untuk membuat atau menulis dan hanya bisa memodifikasi artikel dari hasilnya sendiri. Ia juga bisa mempublikasikan tulisannya saat itu juga. Namun ia tidak memiliki kemampuan untuk melakukan moderasi pada komentar situs.

Contributor

Contributor (Kontributor) adalah tingkatan user yang hanya bisa membuat posting atau artikel, namun ia tidak bisa langsung di publikasikan. Untuk bisa dipublikasikan harus dilakukan pratinjauan terlebih dahulu oleh oleh Author atau Editor.

Subscriber

Subscriber (Pelanggan) adalah tingkatan user yang hanya bisa membaca dan berkomentar saja. Perbedaannya dengan user tamu (guest) adalah pada beberapa halaman yang diprivat oleh editor bisa mereka akses.

Nah, sekian postingan ringan kali ini mengenai Peran pengguna di WordPress. Semoga dapat menambah sedikit pengetahuan anda terutama yang baru menggunakan WordPress.

See you...

Post a Comment for "5 Peran Pengguna di WordPress yang Perlu Anda Ketahui"