-->

Pemahaman Dasar SEO (Search Engine Optimization) dan Cara Menggunakannya

Pemahaman Dasar SEO

TERKUAK.COM - Pada artikel kali ini kita akan membahas pemahaman dasar tentang apa itu SEO? bagaimana cara kerja SEO dan juga cara menggunakan SEO untuk mengoptimasi blog atau situs web di mesin pencari.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan tindakan berupa teknik-teknik mengoptimalkan situs web atau blog untuk tampil di posisi teratas dalam hasil pencarian di Mesin pencari.

Hal terpenting yang harus kita pahami dari SEO, yakni SEO merupakan hal yang harus kita dilakukan terus-menerus tanpa akhir, untuk memungkinkan situs web atau blog anda memiliki peringkat terbaik.

Untuk itu kita harus memahami secara mendalam cara kerja mesin pencari dalam menentukan peringkat situs web atau blog, berdasarkan dari kualifikasi atau persyaratan tertentu.

Cara Kerja SEO

SEO berguna untuk mengoptimalkan situs web atau blog sehingga pengguna dapat menemukannya menggunakan kata kunci tertentu pada mesin pencari seperti Google.

Banyak manfaat dari proses pengoptimalan ini seperti, memberikan informasi yang relevan bagi pengguna, menjadikan mesin pencari sebagai sumber terpercaya dan akan mendatangkan lebih banyak traffic organik ke situs kita.

Ada tiga langkah utama yang dilakukan oleh mesin pencari untuk setiap kata kunci atau penelusuran yang dikirim, berikut detailnya:
  • Crawling: Proses ini terjadi pada tahap awal. Crawling akan mengumpulkan informasi dari semua situs web dari satu halaman ke halaman lain, dari satu tautan ke tautan lainnya.
  • Indexing: Setelah mengumpulkan informasi, crawler web akan menyimpannya di daftar entri Indeks.
  • Ranking: Merupakan hasil dari indexing yang akan ditampilkan secara berurutan, berdasarkan pencarian yang paling sesuai dengan kueri penelusuran.

Untuk menjamin kualitas dari hasil pencarian, mesin pencari menggunakan sekumpulan aturan atau yang disebut Algoritma. Ini akan memastikan bahwa penggunaan bisa mendapatkan informasi relevan dari sumber tepercaya.

Sebagai mesin pencari yang populer dan banyak digunakan Google, memiliki tim khusus yang berfokus sepenuhnya pada algoritma. Tim ini bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna saat menggunakan Google.

Berikut berapa tim Alogaritma yang ada saat ini:
  • Google Panda, algoritme yang akan menangani pemfilteran, penalti dan juga penghargaan pada konten.
  • Google Penguin, algoritme untuk mencegah spamdexing yakni salah satu bentuk peretasan untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari.
  • Google Hummingbird, alogaritma terakhir yang akan meningkatkan kualitas dari kedua algoritma sebelumnya.

Mungkin sekarang sudah jelas bahwa konten situs web merupakan poin yang sangat penting bagi Google untuk dapat menampilkan situs kita pada halaman pencarian mereka.

Cara Menggunakan SEO

Setelah memahami tentang cara kerja SEO diatas, Selanjutnya kita juga perlu memahami cara menggunakan SEO untuk situs web atau blog kita.

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, SEO merupakan hal yang harus kita dilakukan terus-menerus tanpa akhir. Karena mesin pencari akan selalu memperbarui alogaritma mereka untuk memberikan hasil terbaik bagi penggunanya.

Maka kita harus menggunakan teknik terbaru pengoptimalan SEO agar dapat bekerja semaksimal mungkin. Jika tidak, hal ini akan mempengaruhi peringkat situs kita dalam hasil pencarian di halaman mesin pencari.

Secara umum ada dua jenis metode dalam SEO, pertama SEO Onsite dan kedua SEO Offsite. Lalu bagaimana menggunakan nya? Mari kita bahas dibawah ini:

SEO Onsite

SEO Onsite adalah metode SEO dengan cara mengoptimalkan situs web dari dalam. Optimasi ini meliputi penyesuaian dan pengaturan struktur yang ada di situs, agar Crawler mesin pencari dapat dengan mudah merayapi informasi situs web atau blog kita.

Sebagai contohnya seperti:
  • URL yang diformat dengan baik
  • Memberikan tag Alt pada Image
  • Penggunaan judul yang baik (H1, H2, H3)
  • Dan terpenting tidak ada penjejalan kata kunci atau upaya untuk memanipulasi peringkat web di mesin pencari Google.

Terdapat empat hal penting yang harus dilakukan dalam Optimasi SEO Onsite ini. Yakni:
1. Riset Kata Kunci
Kata kunci atau keyword adalah sebuah topik atau ide tertentu yang diketik oleh pengguna di mesin pencari. Jadi, kita harus memilih kata kunci yang tepat untuk mendatangkan traffic organik dari konten yang di posting.

Hal ini akan membantu kita memahami kata kunci apa yang sering digunakan pengguna untuk mengakses situs web. Pastikan juga kata kunci target ada di judul, tajuk, dan isi konten atau posting blog.

2. Tinjauan Teknis
Hal kedua adalah tinjauan teknis, bertujuan untuk memudahkan crawling mesin pencari di stus atau blog anda. Berikut langkah yang harus dilakukan:
  • Kelola Sitemap.
  • Segera ganti atau perbarui tautan rusak yang ditemukan di situs.
  • Hindari pengalihan link.
  • Perbaiki kesalahan URL.

3. Optimasi Situs
Pastikan juga situs atau blog kita ter-optimasi dengan memiliki:
  • Struktur yang baik, ini akan mengkonfirmasi mesin pencari tentang halaman web yang paling penting.
  • Kemudahan navigasi, ini akan memungkinkan pengunjung situs merasa nyaman dan ingin berlama-lama di situs kita.
  • Konten yang relevan, berguna untuk mendatangkan lebih banyak traffic yang berkualitas.

4. Pengalaman Pengguna
Kita harus melayani pengunjung dengan pengalaman pengguna baik, ketika mereka mengunjungi situs web atau blog dengan memberikan konten relevan atau sesuai dengan kebutuhan yang mereka cari.

Buat navigasi berupa kategori yang memudah pengunjung untuk menelusuri setiap konten yang ada di situs atau blog. Juga memberikan informasi detail pada setiap konten seperti gambar maupun tautan posting terkait.

Jangan lupa juga untuk mengatur tampilan tata letaknya agar terlihat menarik, sehingga mendatangkan pengunjung baru dan akan membuat mereka bertahan lebih lama menikmati konten di situs atau blog anda.

Terakhir kita harus memilih kecepatan loading ringan, agar memudahkan pengunjung untuk menemukan dan menjelajahi situs web atau blog dengan cepat.

Nah, seperti itulah hal-hal penting dari metode Optimasi SEO Onsite yang secara singkat bisa di artikan sebagai memaksimalkan kinerja situs.

SEO Offsite

Kedua ada metode SEO Offsite yang tidak begitu teknis jika dibandingkan dengan SEO Onsite. Namun, bukan berarti metode SEO Offsite tidak penting untuk optimasi situs web atau blog di mesin pencari.

Sederhananya metode SEO Offsite digunakan untuk mempromosikan situs ke pengguna di internet. Dengan tujuan agar orang tahu bahwa situs kita menarik dan layak untuk dikunjungi.

Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam metode SEO Offsite, mulai dari menanam backlink sampai menggunakan jasa promosi situs berbayar seperti Google Ads yang akan meningkatkan kualitas pengunjung.

Berikut dua hal paling populer digunakan untuk Optimasi SEO Offsite:

Link Building bisa diartikan sebagai menanam link dari situs lain yang mengarah ke situs utama anda, secara singkat bisa juga disebut Backlink. cara ini sering dilakukan oleh sebagian orang untuk optimasi SEO Offsite.

Berikut cara membangun backlink atau link building:

  • Bertukar link dengan situs atau blog lain.
  • Membeli dan Menggunakan Jasa Backlink.
  • Menyertakan Link pada komentar di blog dan forum.
  • Menggunakan software bot untuk mendapatkan link secara otomatis.
  • Membuat PBN (Private Blog Network) blog yang hanya difungsikan sebagai ladang backlink ke situs utama.

Dengan cara diatas anda akan dengan mudah mendapatkan peringkat tinggi, meski banyak juga yang menilai cara-cara tersebut dalam jangka panjang akan berdampak buruk sampai bisa mendapatkan hadiah penalti dari Google.

2. Promosi Situs
Jika anda merasa Optimasi SEO offsite dengan cara Link Building terlalu merepotkan dan banyak memakan waktu juga biaya. Kita bisa melakukan optimasi dengan menggunakan jasa promosi situs seperti Google Ads.

Dengan menggunakan jasa promosi, dengan cepat situs web atau blog akan dapat mendatangkan banyak pengunjung. Selain itu, promosi secara resmi juga akan membuat reputasi situs lebih unggul dari kompetitor.

Semakin kreatif dan menarik promosinya, semakin mudah mengingat merek Anda. Untuk ceruk yang lebih kompetitif, strategi ini akan memberikan hasil yang signifikan.

Setelah membaca posting kali ini dari awal, saya harap anda paham bahwa, SEO adalah alat yang sangat penting untuk meningkatkan visibilitas situs di mesin pencari sehingga menghasilkan jumlah trafik yang tinggi.

Jika saat ini anda sedang bergelut di dunia blogging untuk keperluan bisnis. Maka SEO akan mendatangkan lebih banyak pengunjung dan itu artinya akan ada banyak pelanggan atau pembeli.

Oke, mungkin sampai disini saja penjelasan tentang Pemahaman Dasar SEO (Search Engine Optimization) dan Cara Menggunakannya.
See you...

Baca juga

Comments