Cara Menghapus Copyright pada Footer Themes WordPress

Menghapus Copyright Footer WordPress

TERKUAK.COM - Area bagian footer biasa digunakan oleh sebagian besar tema default WordPress untuk menunjukkan bahwa situs web tersebut menggunakan platform WordPress. Seperti tulisan dengan teks ' Powered by WordPress '
Walaupun tulisan tersebut tidak berbahaya sama sekali terhadap situs WordPress, banyak diantara pengguna sengaja menghapus tulisan copyright itu karena terasa tidak tepat dan sedikit mengganggu penampilan situs mereka.

Tautan Copyright terasa tidak pada tempatnya jika anda menjalankan situs web untuk bisnis, tautan Copyright WordPress atau pengembang themes tentunya akan merusak kesan profesionalisme situs web anda.

Pada posting kali ini mari kita simak beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menyingkirkan tautan Copyright dari themes pada bagian footer yang sedikit mengganggu ini.

Cara Menghapus "Powered By WordPress" menggunakan CSS

Anda dapat dengan mudah untuk menghapus Copyright pada bagian footer themes hanya dengan menambahkan sedikit kode CSS eksternal pada pengaturan themes anda.

Untuk melakukannya, silahkan pergi menu penyesuai themes dengan cara mengarahkan kursor ke Appearance > Customize > Additional CSS pada menu sebelah kiri.

Hapus Powered by Wordapress Menggunakan CSS

Kemudian, anda cukup menambahkan kode CSS berikut ini untuk menonaktifkan tautan copyright Powered by WordPress yang ada di footer.
.site-info { display: none; }
Seperti contoh dibawah ini :

Hapus Powered by Wordapress Menggunakan CSS 2

Setelah selesai menambahkan kode CSS diatas silahkan klik Publish yang ada di kiri atas. Pengaturan kustomisasi ini harus disimpan dan tautan Powered by WordPress pada footer akan hilang.

Menghapus "Powered by WordPress" dengan Plugin

Cara menggunakan kode CSS diatas mungkin sederhana, tetapi metode itu mungkin tidak akan berfungsi untuk beberapa themes karena pengembangan themes telah membuat kode rahasia sejak awal pembuatan themes.

Menggunakan plugin WordPress khusus adalah opsi yang jauh lebih sederhana dan efektif bagi pengguna. Tentunya, admin memiliki beberapa rekomendasi untuk menghapus tautan Copyright pada bagian footer.

Nah, Mari kita lihat beberapa plugin ini dan bagaimana cara menggunakannya:

Remove "Powered by WordPress"

Remove Powered by WordPress

Jika anda menggunakan salah satu tema default yang disediakan oleh WordPress seperti Twenty Twenty, Twenty Seventeen dan lainnya. Ini merupakan plugin yang terbaik untuk menghapus Copyright di footer.

Selain itu, anda juga dapat memilih untuk menambahkan konten tambahan untuk menggantikan Copyright footer. Namun perlu di pastikan bahwa anda menggunakan salah satu themes bawaan WordPress agar plugin ini berfungsi.

Cara menggunakan cukup mudah silahkan anda install langsung dari menu dashboard dan aktifkan plugin ini, seperti cara yang sebelumnya sudah saya buat diposting sebelumnya yakni " Cara install plugin WordPress "

Setelah selesai mengaktifkan plugin ini, klik Appearance di Dashboard WordPress anda lalu klik Customize. Selanjutnya, klik Theme options di sidebar kiri dan anda akan melihat opsi Remove Powered By WordPress.

Remove Powered by WordPress 2

Cukup centang opsi itu untuk menghapus Copyright footer Powered by WordPress. Setelah selesai klik Publish dan jangan lupa menyimpan pengaturan themes anda.

Remove Powered by WordPress 3


Remove Footer Credit

Jika plugin pertama hanya diperuntukan untuk themes bawaan WordPress, plugin yang kedua ini bisa anda gunakan untuk menghapus kredit footer pada sebagian besar themes WordPress yang tersedia di internet.

Tidak hanya memberi opsi untuk menghapus Copyright di footer tetapi plugin ini juga dapat mengeditnya. Seperti menambahkan teks Footer atau teks Merek Dagang jika. Plugin ini juga mudah diatur dengan tampilan yang simpel.

Setelah anda selesai menginstall dan mengaktifkan plugin Remove Footer Credit, pergi ke menu Tools dan klik Remove Footer Credit. Kemudian anda akan diberikan dua kotak teks: satu untuk menghapus teks dari footer dan satu lagi untuk menambahkan teks kustom.

Remove Footer Credit setting

Silahkan masukkan teks apa pun di kotak atas untuk menghapus teks dari footer situs anda. Namun perlu di ingat jika ingin menghapus teks yang berbeda, anda harus memasukkannya dalam satu baris secara terpisah.

Sebagai contoh, jika anda ingin menghapus Powered By WordPress dari footer situs web, maka memasukkan teks sebagai:
Powered by WordPress

Plugin Remove Footer Credit Setting Text

Selain itu, anda dapat menggunakan kotak editor dibawah untuk menambahkan segala jenis kredit Footer. Untuk contoh kita akan menambahkan teks "Demo For Remove Credit Footer"
Demo For Remove Credit Footer

Plugin Remove Footer Credit Setting Text 2

Dan hasilnya akan seperti dibawah ini :

Plugin Remove Footer Credit Demo

Setelah selesai, klik Save di bagian bawah dan lihatlah perubahan pada footer situs anda.



Nah, itulah beberapa cara termudah untuk Menghapus Copyright footer WordPress dari situs anda. Namun ada baiknya anda membiarkan tautan tersebut sebagai bentuk dukungan pada sang pengembang themes.

Tapi semuanya ada ditangan anda untuk menghapus Copyright atau mengeditnya sesuai dengan keinginan agar situs web terlihat profesional atau membiarkannya saja.

Sobat TERKUAK.COM semuanya saya akhiri posting ini, jika ada yang ingin di tanyakan jangan sungkan menuliskannya pada kolom komentar. Sampai jumpa lagi.
See you...

Baca juga

Komentar