Cara Membuat Posting blog di WordPress

Membuat Posting WordPress

TERKUAK.COM - Pada posting kali ini adalah lanjutan dari Membuat kategori dan tags WordPress yang sebelumnya sudah saya posting, sekarang kita lanjut belajar membuat beberapa posting blog sebagai konten untuk para pengunjung situs anda.

Bagaimana Cara Menambahkan Posting baru di WordPress?

Pertama untuk membuat postingan baru, silahkan buka Posts > Add New pada menu dashboard WordPress anda.

Tambahkan Posting Baru WordPress

Setelah dibuka mari kita lihat dan pahami lebih dekat menu atau opsi yang tersedia untuk membuat posting baru di WordPress.

Halaman Posting WordPress

1. Blog Post Title - masukkan judul posting disini. Judul posting akan ditampilkan di atas konten postingan WordPress dan berdampak sangat tinggi untuk SEO (Search Engine Optimization). Juga merupakan bagian pertama dari posting yang dapat dilihat oleh pengunjung di situs serta di hasil pencarian Google.

2. Post Content - masukkan konten posting. Untuk membuat konten posting anda memiliki dua mode pilihan editor pertama Visual dan Text.
  1. Visual - Anda melihat postingan apa adanya tanpa perlu menyisipkan kode HTML, sama halnya saat anda membuat file .doc di PC
  2. Text - Untuk mode Text anda akan melihat posting yang dibuat dalam bentuk kode HTML dan anda juga dapat menyisipkan tag HTML pada mode editor ini.

3. Publish - setelah selesai mengisi konten posting, anda dapat melihat pratinjau posting terlebih dahulu pada tombol "Preview" , selain itu anda juga dapat mengatur penerbitan posting pada menu "Publish Immediately" , Jika sudah yakin tentang posting anda silahkan mempublikasikan dengan cara klik tombol "Publish" berwarna biru.

4. Format - pilih format postingan. Jika themes yang digunakan mendukung format posting WordPress, anda dapat memilih di sini untuk tampilan posting, jika tidak anda harus membiarkan opsi ini sebagai "Standard" .

5. Categories - pilih kategori untuk posting. Anda dapat memilih satu atau beberapa kategori untuk posting. Kategori sangat berguna untuk mengurutkan posting anda karena pengunjung dapat menelusuri kategori dan menampilkan semua posting dari kategori tertentu.

6. Tags - fungsi tags hampir mirip dengan kategori. Namun, anda dapat menetapkan posting dari kategori berbeda ke dalam tags yang sama. Pilih tags untuk posting atau buat yang baru dengan mengklik tombol "Add" .

7. Featured Image - pilih gambar unggulan untuk posting. Ini adalah gambar perwakilan dari sebuah posting. Gambar ini akan ditampilkan pada halaman blog atau di halaman lainnya jika anda memakai themes yang mendukung Featured Image.

Screen Options pada tampilan editor posting WordPress

WordPress memiliki opsi lain yang disembunyikan secara default dan jika anda ingin menampilkannya. Klik tombol "Screen Options" kemudang centang kotak untuk opsi yang ingin di tampilkan.

Screen Options posting WordPress

Dan inilah opsi yang disembunyikan secara default pada halaman editor posting WordPress.

Opsi Lain Posting WordPress

1. Excerpt - masukkan ringkasan posting. Jika themes WordPress anda mendukung opsi ini, ringkasan posting dapat ditampilkan pada halaman hasil pencarian atau arsip.

2. Send Trackbacks - jika menggunakan beberapa tautan ke konten dari blog lain anda dapat memberi tahu sang pemilik blog tentang hal itu. Cara melakukannya cukup masukkan alamat url blog dan pisahkan dengan spasi.

3. Custom Fields - tambahkan beberapa file kustom ke posting. Informasi ini dapat digunakan oleh themes WordPress anda atau beberapa plugin, misalnya untuk mengubah tampilan posting atau mengurutkan posting berdasarkan informasi tertentu.

4. Discussion - mengaktifkan atau menonaktifkan interaktivitas dan pemberitahuan untuk kiriman. Di sini anda dapat mengizinkan pengunjung untuk menambahkan komentar ke posting serta dapat mengizinkan pelacakan dan ping balik di halaman ini.

5. Slug - masukkan nama slug WordPress. Ini adalah nama yang muncul di url. Biasanya berisi huruf kecil, angka, dan tanda hubung.

6. Author - untuk memilih penulis postingan dari daftar pilihan.

Jika anda telah selesai mengisi semua detail untuk posting baru, anda dapat menekan tombol "Publish" untuk menerbitkan posting baru anda.

Publish Posting di WordPress

Nah, seperti itulah cara membuat posting WordPress untuk mengisi konten situs anda, semoga gampang di pahami yah sobat TEKUAK.COM semuanya.

Jika ada yang ingin disampaikan jangan ragu untuk berkomentar di bawah ini. Saya akhiri sampai disini.
See you...

Baca juga

Komentar