Tutorial Lengkap dasar Membuat Situs Wordpress secara mudah

Tutorial Membuat WordPress

TEKUAK.COM - Ada banyak cara tentunya untuk membangun situs web, contohnya memakai platform CMS WordPress yang paling populer dan telah digunakan oleh sekitar 36% dari semua situs web online.
WordPress merupakan sebuah platform situs web termudah dan paling ramah bagi pengguna, WordPress juga menyediakan antarmuka yang kuat untuk membuat situs web dinamis modern secara lengkap.

WordPress memberikan solusi eCommerce yang sederhana namun kuat untuk pengguna dari semua tingkat pengetahuan teknis. Membangun toko online akan terasa lebih mudah dengan WordPress WooCommerce.

Selain itu, WordPress memiliki desain tak terbatas dengan ribuan tema & plugin, fitur SEO dan dukungan besar dari komunitas di dunia merupakan kualitas eksklusif yang akan anda dapatkan di WordPress.

Jika Sobat TERKUAK.COM ingin membangun situs Wordpress untuk blog maupun toko online, maka pada posting kali ini mari kita ikuti proses pembuatannya dari awal sampai menjadikan situs wordpress yang profesional.

1. Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org


Sebagai permulaan, WordPress memiliki dua jenis yakni WordPress.com dan WordPress.org. Perbedaan utama dari kedua platform ini terdapat pada hosting.

WordPress.com adalah salah satu pembuat situs web sederhana yang menawarkan semua hal yang diperlukan untuk situs web. Sedangkan WordPress.org adalah tempat anda bisa mendapatkan CMS WordPress, yang harus di download dan install sendiri pada hosting anda.

Sebagai pembuat situs web gratis WordPress.com memiliki banyak keunggulan tersendiri, namun terdapat juga beberapa batasan terkait kebebasan, kemampuan penyesuaian, desain, dll. Berbading terbalik, WordPress.org menawarkan kebebasan sebanyak yang anda inginkan terkait hosting, desain, penyesuaian, plugin, dll.

Maka pada postingan kali ini yang kita bahas adalah tentang cara membuat website dengan menggunakan WordPress.org sebagai platform CMS nya. Sekarang, mari kita mulai langkah-langkahnya :

2. Membeli Domain

Membeli Nama Domain

Hal pertama dan terpenting anda harus mendapatkan nama domain untuk situs web. Nama domain adalah identitas online bisnis anda, Dengan kata lain, ini merupakan alamat situs web atau URL yang ditulis pengguna pada bilah alamat browser untuk mengunjungi situs web.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus anda pertimbangkan saat membuat dan memilih nama domain:
  • Buat tetap sederhana dan singkat: Buat nama domain yang sederhana, pendek dan mudah dibaca dan diingat. Agar pengguna hafal dengan alamat situs web anda.
  • Cocok untuk konten situs web anda: Pastikan nama domain relevan dengan konten yang akan anda tempatkan di situs web. Selain itu, dapat juga memasukkan kata kunci pada nama domain.
  • Pilih ekstensi domain yang sesuai: Ekstensi domain adalah akhiran seperti .com, .net, .org, .edu dll. Yang ditambahkan di akhir alamat web. Mereka memiliki arti khusus seperti .com untuk komersial, .org untuk Organisasi, dan .net untuk jaringan. Ketiga ekstensi ini paling sering digunakan yang dapat anda pakai sesuai dengan situs anda.

Bagaimana cara membeli nama domain?

Ada beberapa penyedia layanan nama domain yang dapat di beli dengan harga bervariasi. Silahkan searching di Google, untuk menemukan penyedia layanan domain yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Sebagian besar penyedia nama domain memiliki alat pencarian nama domain, dimana anda dapat mengetikkan nama yang anda inginkan dan memeriksa ketersediaan nama domain yang dapat dibeli.

Tapi jangan terburu-buru membeli domain, yang terpenting anda sudah menentukan nama domain dan domain tersebut tersedia untuk dibeli, karena mungkin beberapa paket hosting untuk WordPress telah menyertakan domain gratis bersama dengan paket hosting mereka.

3. Membeli Hosting

Web Hosting

Selanjutnya, anda harus mencari layanan web hosting untuk WordPress terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa perusahaan web hosting yang menawarkan berbagai jenis paket hosting.

Di bawah ini adalah jenis paket web hosting yang harus anda ketahui:
  • Shared Hosting: Paket hosting termurah. Dengan shared hosting, beberapa situs web berbagi alamat IP dan sumber daya server yang sama termasuk memori, ruang hard disk, dan bandwidth.
    Kelebihan: Paket hosting murah.
    Kekurangan: Ruang terbatas, kecepatan dan keamanan rawan terganggu.
  • VPS (Virtual Private Server): Dengan paket VPS, anda akan diberikan porsi tertentu dari sumber daya server. anda akan berbagi server dengan pengguna VPS lain tetapi akan ada pengguna terbatas, tidak sebanyak di paket Shared Hosting.
    Kelebihan : Aman, Opsi untuk mendapatkan lebih banyak sumber daya server kapan saja saat bisnis anda berkembang.
    Kekurangan: Mahal untuk bisnis kecil dan pemula.
  • Dedicated Hosting: paket yang sangat mahal. Semua sumber daya server didedikasikan hanya untuk satu pengguna.
    Kelebihan : Penyimpanan penuh, bandwidth dan kontrol penuh atas sumber daya server dan lebih aman.
    Kekurangan: Bukan paket yang hemat untuk usaha kecil.
Nah, selain jenis hosting WordPress, inilah kabar baiknya. Ada banyak 'hosting WordPress bersama dan terkelola' yang perusahaan menawarkan hosting bersama dengan alat manajemen penting WordPress dengan harga yang sangat hemat biaya.

Bagaimana cara memilih hosting terbaik untuk WordPress?

Pertama-tama, pertahankan pikirankan tentang jenis situs web yang akan anda buat. Apakah itu portofolio pribadi, blog, bisnis, atau toko online? Ini membantu mengasumsikan ruang situs web, memori dan sumber daya server lain yang di perlukan.

Jadi, hal terbaik dan bijak untuk memilih hosting pada dasarnya adalah Pilihlah paket hosting yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.

Untuk contoh di bawah ini adalah beberapa Penyedia hosting terbaik yang layak untuk dicoba:
Bluehost
Bluehost WordPress Hosting
Bluehost adalah perusahaan hosting yang secara resmi direkomendasikan oleh WordPress.org. WordPress dan Bluehost telah bekerja sama sejak 2005 dengan tujuan menciptakan hosting yang ideal untuk platform WordPress.

Fitur Bluehost:
  • 1-Click WordPress Installation.
  • True scalability – single click upgrade to VPS or dedicated server.
  • Enhanced cPanel.
  • Standard performance.
  • Free SSL certificate included.

Niagahoster
Niagahoster WordPress Hosting
Niagahoster adalah penyedia hosting terbaik di Indonesia dengan layanan Unlimited Bandwidth & Disk Space menjadikan akses situs lebih cepat. juga memiliki fitur hebat untuk hosting WordPress, melalui WordPress Management.

Fitur Niagahoster :
  • LiteSpeed Enterprise (Enabled HTTP/3 + QUIC + Brotli)
  • WP Accelerator dan WordPress Management
  • DDoS and Malware Protection (Imunify360)
  • Gratis Domain dan SSL
  • Auto Installer

4. Menginstall WordPress

install WordPress

Setelah sobat TERKUAK.COM telah mendapatkan nama Domain dan Hosting, Sekarang kita lanjut pada proses langkah utama yakni bagaimana menginstall WordPress pada server hosting anda.

Cara menginstall WordPress saat ini tidak lagi membutuhkan pengetahuan teknis dari pengguna karena biasanya akan dibantu oleh perusahaan layanan hosting.

Hampir semua perusahaan hosting WordPress terkenal menawarkan penginstallan WordPress 1-klik atau menggunakan fitur auto installer seperti fitur yang ada pada Niagahoster sehingga anda bisa menginstall WordPress versi terbaru dalam hitungan menit.

Sebagai contoh, jika anda sudah mendaftar layanan Hosting di Niagahoster. Berikut ini langkah-langkah menginstall WordPress di Niagahoster:

  • Pertama Login ke Member Area, Pilih Menu Hosting dan Domain
    cara install wordpress niagahoster hosting
  • Klik hosting yang ingin anda install WordPress.
    cara install wordpress niagahoster domain
  • Pilih Install Website untuk memasang WordPress secara otomatis ke akun hosting anda.
    cara install wordpress niagahoster install website
  • Kemudian Klik Install
    cara install wordpress niagahoster install
  • Silahkan Isi data-data yang diminta, dari nama domain, judul website, deskripsi website, admin user, hingga admin password.
    cara install wordpress niagahoster website
  • Klik Install dan website WordPress anda sudah siap untuk dikelola.

Seperti itu cara menginstall WordPress pada hosting Niagahoster, namun jika anda menggunakan hosting lain periksa terlebih dahulu apakah mereka telah menyediakan installasi WordPress sekali klik atau tidak.

Jika mereka memilikinya, anda dapat membaca tutorial yang ada di situs web hosting. Tapi kemungkinan besar langkah penginstallan WordPress hampir sama dengan tutorial di atas.

Apabila web hosting yang anda gunakan tidak menyediakan Penginstall otomatis WordPress, anda harus menginstallnya secara manual menggunakan FTP atau layanan lain yang direkomendasikan.

Nah, mungkin sampai disini dulu tutorial WordPress kali ini mengenai Membuat situs WordPress secara Mudah. untuk berikutnya saya akan mengupdate Tutorial tentang WordPress, jika ada yang kurang faham silahkan tinggalkan pada komentar dibawah.
See you....

Baca juga

Komentar