Tutorial Dasar Cara Mengelola Situs WordPress

Tutorial Dasar Cara Mengelola Situs WordPress

TEKUAK.COM - Untuk melengkapi posting sebelumnya yakni Tutorial Membuat situs WordPress, maka kali ini mari kita sama-sama belajar untuk memulai mengelola situs WordPress yang telah dibuat.

1. Dashboard WordPress

Hal pertama setelah sukses menginstall WordPress adalah membuka Dashboard WordPress. Untuk mulai mengelola situs dari mengganti tema, menambah plugin, menambah halaman, hingga menerbitkan posting.

Silahkan masuk ke dashboard WordPress dengan cara menambahkan wp-admin di akhiran domain anda. Contoh: www.domainanda/wp-admin. maka akan muncul tampilan seperti ini :
WordPress Login
Masukkan username dan password yang sudah anda buat ketika menginstall WordPress di langkah sebelumnya. Jika login anda sukses akan muncul dashboard WordPress seperti ini:
Dashboard WordPress

Sekarang, mari kita lihat sekilas bagian utama dari dashboard WordPress berserta fungsinya:
  • Home: Ini adalah halaman default untuk dashboard WordPress
  • Updates: WordPress sering memperbarui perangkat lunak bersama dengan themes dan plugin. anda dapat memeriksa pembaruan yang tersedia pada menu ini.
  • Posts: Anda dapat menambahkan posting umum atau artikel blog dari sini. Sebagian besar konten di situs WordPress anda adalah postingan. Selain itu, tambahkan tag dan kategori posting dari situ.
  • Pages: Anda dapat menambahkan halaman seperti Beranda, About, Contact Us, Disclaimer dan lainnya.
  • Comments: Semua komentar dari pengguna situs akan tersedia di sini.
  • Appearance: Penampilan di dashboard WordPress adalah menu vital. Anda dapat mengontrol sepenuhnya desain situs web melalui menu ini. Termasuk juga themes, Kustomisasi, widget, menu, header dan editor CSS.
  • Plugins: Plugin adalah alat praktis untuk menambahkan fungsionalitas situs WordPress. Anda dapat melihat plugin yang diinstal dan juga menambahkan plugin baru melalui menu ini.
  • Users: WordPress mendukung banyak pengguna. Anda dapat mengatur semua pengguna situs web dari menu ini.
  • Tools: Secara default, ada alat 'impor' dan 'ekspor' di menu ini.
  • Settings: Bagian lain yang sangat penting di dashboard WordPress adalah 'Pengaturan'. Anda dapat melihat semua opsi konfigurasi situs di sini sebagai pengaturan umum, penulisan, bacaan, diskusi, media dan tautan permanen.
  • Collapse menu: Anda dapat menutup menu jika Anda ingin memiliki lebar penuh untuk mengelola konten.

Setelah mengetahui menu-menu yang ada pada Dashboard WordPress berserta fungsinya, mari kita mengubah tampilan atau desain pada situs WordPress.

2. WordPress Themes

Desain WordPress bergantung pada themes yang akan memberikan tampilan dan desain keseluruhan pada situs WordPress anda bersama dengan berbagai opsi dan fungsi penyesuaian tersendiri.

Pada situs resmi WordPress mendefinisikan bahwa themes WordPress sebagai kumpulan file yang bekerja bersama untuk menghasilkan antarmuka grafis dengan desain tertentu yang mendasari tampilan suatu situs.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana memasang themes WordPress secara mudah langsung pada Dashboard WordPress.

Cara Memasang Themes WordPress Gratis

Pertama buka menu Appearance > Themes pada Dashboard WordPress. anda akan melihat tema WordPress default yang diaktifkan dan beberapa tema default lainnya sudah diinstall sebelumnya.

Selanjutnya, klik tombol "Add New" dibagian atas seperti yang ditunjukkan oleh gambar dibawah ini :
Install free WordPress Themes
Silahkan telusuri direktori untuk menemukan themes yang di rasa cocok untuk WordPress anda. selain itu anda juga dapat mencari tema berdasarkan nama atau kata kunci dan juga dapat melihat pratinjau tema ini yaitu demo themes.

Setelah menemukan themes yang cocok anda cukup klik tombol "Install". tunggu beberapa saat dan kemudian klik "Activate".

Sekarang, themes baru sudah diterapkan pada situs WordPress anda, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan di menu Appearance > Customize.

Cara Memasang Themes WordPress Premium

Jika ingin menggunakan themes premium, anda perlu membeli dan mendownload themes dari situs penyedia themes. dan biasanya anda akan mendapatkan themes WordPress premium dalam bentuk file . ZIP .

Pemasang themes WordPress premium sendiri hampir sama dengan cara memasang themes WordPress gratis seperti sebelumnya.
Upload Themes Premium WordPress

Di Dashboard WordPress pergi ke Appearance > Themes , klik tombol "Add New" dan kemudian klik tombol "Upload Theme" di bagian atas. Upload themes yang telah didownload dalam file .ZIP dan klik "Install Now". Kemudian klik tautan "Activate" dan tema premium baru akan diaktifkan.

Hal terakhir yang perlu anda lakukan dengan sebagian besar tema premium adalah melisensikan themes anda. Lisensi themes sangat penting untuk mendapatkan pembaharuan themes.

Jadi kemungkinan besar anda hanya perlu menemukan lisensi akun tema premium di suatu tempat di situs web mereka dan kemudian mengisinya suatu tempat di di pengaturan tema di panel admin WordPress anda .

Setelah anda melakukan ini, Anda siap untuk pergi. Buka Appearance > Customize dan mulai buat situs web Anda

3. Plugin WordPress

Plugin WordPress adalah alat hebat yang menawarkan fungsi dan fitur khusus untuk menambah dan memperluas fungsionalitas. Sehingga pengguna dapat menyesuaikan situs mereka dengan kebutuhan spesifik mereka.

Nah, mari kita simak bagaimana cara menginstal plugin WordPress secara mudah untuk Plugin gratis dan Plugin Premium.

Cara Memasang Plugin WordPress Gratis

Pada dashboard WordPress, buka Plugins > Add New dan cari plugin yang Anda butuhkan. Repositori plugin gratis bekerja dengan cara yang sama seperti dengan tema yaitu Anda memiliki akses langsung ke direktori melalui dasbor WP.

Untuk mempercepat pencarian anda dapat memfilter plugin berdasarkan Featured, Popular, Recommended, dll. anda dapat mencari plugin berdasarkan nama atau kata kunci.

Ketika Anda menemukan plugin yang Anda butuhkan, klik tombol "Install Now". Setelah itu klik tombol biru "Activate". dan plugin siap untuk digunakan.

Langkahnya seperti gambar dibawah ini:
Install Plugin WordPress gratis

Memasang Plugin WordPress Premium

Sedangkan untuk memasang Plugin WordPress Premium hampir mirip dengan cara memasang theme premium. Pertama, siapkan file plugin dengan format .ZIP yang telah di download pada situs penyedia plugin premium.

Anda harus memasukkan file plugin. ZIP Format dari situs web penyedia plugin, begini caranya menginstall Plugin Premium WordPress :

Buka Plugins > Add New dan klik tombol "Upload Plugin" di bagian atas. Selanjutnya, upload file .ZIP dari plugin anda dan klik "Install Now". Setelah itu, klik tombol "Activate Plugin".

Sekarang, plugin premium tersebut sudah siap untuk digunakan. Mungkin juga anda perlu memasukkan lisensi pada Plugin untuk mendapatkan kemungkinan pembaruan plugin.

4. Keamanan WordPress

Keamanan pada situs web merupakan hal terpenting yang tidak boleh diabaikan oleh pemilik. Jadi sangat penting bagi anda untuk menjaga aspek keamanan situs WordPress.

Ada beberapa hal sederhana yang dapat anda lakukan untuk melindungi situs WordPress dari ancaman keamanan. anda harus memperkuat halaman login, halaman admin untuk melindungi dari serangan hacker.

Selain itu, anda wajib menggunakan themes dan plugin WordPress dari sumber resmi dan tepercaya untuk membantu anda menjaga situs tetap bersih dan bebas spam.

Plugin Keamanan WordPress Terbaik

Dibawah ini ada tiga plugin security rekomendasi yang paling populer dan banyak digunakan pada situs WordPress agar membantu anda menambahkan lapisan keamanan ekstra.

Bulletproof security
Bulletproof security WordPress Plugin
Mempunyai lebih dari 100.000 penginstallan aktif, Bulletproof Security adalah salah satu plugin keamanan terbaik yang akan melindungi situs WordPress anda untuk keamanan firewall, keamanan database dan lainnya.

Sehingga plugin ini akan dengan mudah mengamankan situs web anda dari peretasan RFI, XSS, injeksi SQL dan injeksi kode melalui beberapa lapisan luar-dalam untuk perlindungan keamanan situs web.
Fitur :
  • Single-click setup wizard
  • Info sistem yang luas
  • Kesalahan login HTTP
  • Idle Session Logout
  • Auth Cookie Expiration (ACE)

Wordfence
Wordfence Security WordPress Plugin
Dengan memiliki peringkat rata-rata 4,9/5. Wordfence adalah plugin open source yang melakukan berbagai tugas seperti keamanan login, pemblokiran IP, pemindaian keamanan, dan banyak lagi.

Fitur :
  • Two-factor authentication
  • Login security & Security scanning
  • Web application firewall
  • Advanced manual blocking
  • Real-time threat defense feed

iThemes Security
iThemes Security WordPress Plugin
iThemes Security menawarkan 30 cara lebih untuk melindungi situs anda dari serangan jahat. Plugin WordPress ini terkenal memperkuat kredensial pengguna dengan memperbaiki kerentanan umum dan serangan otomatis.

Fitur :
  • Brute force protection & Malware scanning
  • Database backups
  • Two-factor authentication
  • Strong password enforcement
  • File change detection

5. SEO WordPress

WordPress terkenal dengan platform paling ramah untuk SEO yang dapat dioptimalkan dengan baik. Itu merupakan keuntungan tersendiri jika memilih WordPress sebagai platform situs web anda.

Dan paling penting, WordPress memiliki kemampuan untuk mengelola SEO pada halaman dengan sangat baik yang membantu menaikkan peringkat situs web anda lebih baik pada halaman Search Engine.

Anda juga dapat mengoptimalkan permalink, tag judul dan heading, gambar, dan media lainnya dengan mudah. Untuk mengoptimalkan permalink: Buka Settings > Permalinks > Set Post name

Selain itu, WordPress adalah platform yang responsif dan ramah bagi pengguna seluler. Google dan mesin telusur lainnya menyukai situs web yang dapat dioptimalkan untuk pengguna seluler.

Berikutnya, kecepatan situs adalah salah satu faktor terpenting untuk SEO. Situs web dengan kecepatan situs web yang ditingkatkan secara otomatis dioptimalkan karena mesin pencari menyukai situs web yang cepat.

Untuk mempercepat situs WordPress anda, ada berbagai jenis plugin untuk pengoptimalan kecepatan seperti plugin WP Super Cache agar meningkatkan kecepatan WordPress.

Plugin SEO WordPress Terbaik

Dibawah ini beberapa plugin SEO WordPress yang dapat membantu anda untuk meningkatkan SEO secara signifikan. Berikut adalah plugin SEO WordPress terbaik dan paling populer:
Yoast SEO
Plugin WordPress Yoast SEO
Yoast SEO memberikan opsi praktis menangani judul halaman, deskripsi dan URL untuk memberikan SEO yang efektif. Maka tak heran jiks memiliki dari 1 juta penginstallan aktif, menjadikan plugin Yoast SEO paling populer dan berperingkat tinggi.

Fitur :
  • XML sitemaps
  • Internal linking suggestions
  • Keyword optimization
  • Better content
  • Page Analysis

SEO Ultimate
SEO Ultimate WordPress Plugin
Plugin SEO Ultimate adalah paket SEO all-in-one yang terkenal karena keserbagunaan dan fleksibilitas datanya. Fitur utama dari plugin ini adalah kemampuannya untuk mengimpor dan mengekspor data dari sumber lain termasuk plugin SEO pihak ketiga.

Fiturnya yang menawarkan banyak opsi penyesuaian dengan pengaturan yang mudah digunakan juga membuat plugin ini terlihat.
Fitur :
  • Meta description editor
  • Open graph integrator
  • Link mask generator
  • Meta robot tags editor
  • Plugin setting manager

6. Analisis Situs Web

Setelah berusaha keras membuat situs WordPress. Hal terakhir bagi sobat TERKUAK.COM untuk mengelola situs adalah Analisis Website agar anda dapat laporan tentang lalu lintas situs, konten situs, konversi situs dan banyak lagi.

Lalu, bagaimana cara mudah mendapatkan analisis situs WordPress? Anda dapat menggunakan plugin Jetpack.
Website Analytics Jetpack
Plugin Jetpack dapat memberi anda analisis website dengan lengkap termasuk lalu lintas harian, tampilan situs, pengunjung, suka dan komentar.


Nah, selesai sudah semua penjelasan tentang dasar cara mengelola situs WordPress, semoga apa yang saya sampaikan diatas dapat dipahami bagi sobat TERKUAK.COM yang berniat Membuat situs WordPress.

Jika ada yang ingin disampaikan jangan ragu untuk berkomentar di bawah ini. Saya akhiri sampai disini.
See you....

Baca juga

Komentar